Pelatihan Preceptorship dan Mentorship bagi Pembimbing Klinik di Fasilitas Pelayanan Kesehatan

  • Humanis News
  • Disukai 0
  • Dibaca 71 Kali
Gedung Poltekkes Kemenkes Maluku

Unit Pengembangan Kompetensi SDM Kesehatan (UPKSDMK) Maluku telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan perdananya pada bulan Mei lalu. Kali ini, UPKSDMK Maluku kembali menyelenggarakan pelatihan yaitu Pelatihan Preceptorship dan Mentorship bagi Pembimbing Klinik di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada tanggal 12 – 15 Juni 2024 dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pembimbing klinik dalam membimbing mahasiswa serta tenaga kesehatan yang baru bergabung di fasilitas pelayanan kesehatan.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Maluku pada tanggal 12 Juni 2024. Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes Kemenkes Maluku menekankan pentingnya peran pembimbing klinik dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan mendukung pengembangan profesional tenaga kesehatan. Beliau juga mengapresiasi inisiatif Unit Pengembangan Kompetensi SDM Kesehatan Maluku dalam menyelenggarakan pelatihan ini meskipun secara daring.

Hari pertama pelatihan berjalan dengan lancar dan diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari institusi pendidikan maupun fasilitas pelayanan kesehatan di Provinsi Maluku dengan latar belakang profesi yang beragam. Kegiatan ini dipandu oleh Ns. Hendrikus Medon Ana, S.Kep., selaku Pengendali Pelatihan. Materi pelatihan dasar di hari pertama antara lain:

1.     Anti Korupsi oleh Yulianti Ely, S.Ft., Physio, M.Biomed (Dosen Poltekkes Kemenkes Maluku)

2.     Etika dan Aspek Legal Pembimbing Klinik di Fasilitas Pelayanan Kesehatan oleh Ns. Ireine Tauran, S.Kep., M.Kes. (Dosen STIKes Rumkit Tk.II Prof. dr. J.A. Latumeten)

3.     Caring dalam Proses Bimbingan oleh Ns. Fransina Tubalawony, S.Kep., M.Kes., Sp.Kep Jiwa (Dosen Poltekkes Kemenkes Maluku)

Kegiatan hari kedua diawali dengan penyampaian materi mengenai berpikir kritis oleh Ns. Wahyuni Aziza, S.Kep., M.Kep. yang juga merupakan Dosen Poltekkes Kemenkes Maluku. Materi ini sangat penting untuk mengembangkan kemampuan analisis dan pengambilan keputusan yang tepat dalam situasi klinis. Ns. Wahyuni Aziza memberikan penjelasan yang mendalam dan aplikatif, sehingga peserta dapat memahami dan mengimplementasikan konsep berpikir kritis dalam praktik klinik mereka.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan materi Konsep Dasar Bimbingan Klinik Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang disampaikan oleh Narasumber dari Poltekkes Kemenkes Jakarta III, Juli Oktalia, S.ST., MA. dan Dr. Gita Nirmala Sari, S.ST., M.Keb., Ph.D. Materi ini mencakup berbagai teknik dan pendekatan dalam membimbing mahasiswa dan tenaga kesehatan, termasuk strategi komunikasi efektif, pemberian umpan balik, dan metode evaluasi. Peserta sangat antusias dalam sesi ini karena mereka dapat saling berbagi pengalaman dan praktik terbaik yang telah mereka terapkan di tempat kerja masing-masing.

Diskusi berjalan dengan penuh semangat, dan para peserta aktif berpartisipasi dengan berbagi tantangan dan solusi yang mereka temui selama menjalankan peran sebagai pembimbing klinik. Semangat kolaboratif ini mencerminkan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui pembimbingan yang efektif.

Pelatihan preceptorship dan mentorship ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan kompetensi pembimbing klinik di Maluku. Dengan adanya pembimbing klinik yang kompeten dan profesional, diharapkan mahasiswa dan tenaga kesehatan yang baru bergabung dapat memperoleh pembelajaran yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan dalam dunia kesehatan.

Unit Pengembangan Kompetensi SDM Kesehatan Maluku berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan serupa di masa mendatang guna mendukung pengembangan sumber daya manusia kesehatan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Pelatihan ini merupakan salah satu langkah konkret dalam mewujudkan visi tersebut.

Kontributor : Siska Febrina Fauziah